Sejak demam drama Korea di awal tahun 2000-an lalu, Korea berubah menjadi destinasi tujuan wisata di Asia selain Jepang dan Hong Kong. Banyak dari wisatawan yang ingin tahu cara murah tour ke Korea dan juga mengunjungi lokasi syuting dari drama Korea seperti Nami Island untuk serial drama Winter Sonata.

Pemerintah Korea memang sangat serius dalam memajukan pariwisata di negaranya, apalagi sejak drama Korea populer dan menciptakan tren tersendiri dari fashion sampai ke produk kecantikan. Banyak tempat di Korea yang kini sesak dikunjungi oleh wisatawan karena promosinya yang cukup pesat di sosial media.

Airfrov mencoba mengumpulkan kesan para kerabat atau teman yang pernah berkunjung ke Korea dan kebanyakan dari mereka mengatakan bahwa tour ke Korea memerlukan budget yang cukup banyak. Hal ini karena biaya akomodasi di sana ternyata cukup mahal. Kamu perlu mengatur budget dengan ketat dari awal jika mau trip ke Korea jika kamu ga mau kehabisan uang selama di sana. Yuk cek beberapa cara murah tour ke Korea untuk kamu khususnya para pemula.

#1 Shopping Murah

 

Liburan ke Korea tanpa belanja sepertinya adalah hal yang ga mungkin untuk kamu lakukan. Melihat banyaknya toko-toko di sepanjang jalan dan juga betapa fashionable-nya orang Korea, kamu pasti tergiur untuk sekedar beli satu atau dua pasang baju. Ga hanya pakaian, pilihan barang lainnya seperti tas, sepatu, bahkan produk kecantikan pun pasti akan membuat kamu tergiur untuk menghabiskan uangmu. Nah, kamu bisa mengakali ini dengan belanja di tempat-tempat yang murah bahkan bisa ditawar seperti di Ewha Womans University Shopping Street, Dongdaemun, Hongdae Shopping Street, dan Myeongdong. Misalnya di Ewha Woman University Shopping Street kamu bisa mendapatkan baju dengan harga mulai KRW 5000 (setara Rp 60.000)  sampai KRW 10.000 (setara Rp 120.000) atau kamu bisa berbelanja sampai jam 5 pagi di Dongdaemun.

#2 Transportasi dan Akomodasi

 

Kamu harus prioritaskan budget khusus untuk transportasi dan akomodasi ketika sedang traveling. Budget ini ga bisa kamu hindari tapi bisa kamu minimalisir. Untuk transportasi selama di Korea, kamu bisa menggunakan T-Money atau Seoul City Pass Plus. T-Money bisa digunakan untuk transportasi Bus, Kereta, Taksi, bahkan untuk belanja di mini market. Selain itu, dengan T-Money kamu membayar lebih murah 100 won dibanding menggunakan cash. Bagi kamu yang berencana mengunjungi Palace Hopping dan Lotte World, Airfrov saranin untuk beli Seoul City Pass Plus seharga KRW 3000 (setara dengan Rp 36000). Keuntungannya adalah kamu bisa dapetin diskon khusus untuk menonton atraksi tertentu yang ada di Seoul. Informasi untuk kedua kartu tersebut bisa kamu dapetin di sini ya.

Pindah ke urusan akomodasi, demi menghemat budget kamu ga disarankan untuk tinggal di hotel berbintang. Apalagi kalau kamu berencana melakukan trip sepanjang hari, kamu sebaiknya sewa kamar melalui hostel atau Airbnb. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan penginapan di bawah KRW 10000 (setara denganRp 120.000) di Kimchi Hongdae Guesthouse.

#3 Makan Murah

 

Berdasarkan informasi yang didapetin dari traveler yang pernah ke Korea, makanan di sana tergolong mahal termasuk juga untuk street food-nya. Daerah Myeongdong yang merupakan spot yang paling banyak dikunjungi wisatawan menjual makanan dengan harga yang lumayan mahal dibandingkan tempat lain. Airfrov menyarankan kamu untuk berjalan sedikit lebih jauh dan menghindari spot utama pariwisata demi mendapatkan makanan dengan harga lebih murah. Area di dekat kampus seperti Hongdae atau area yang jarang dikunjungi wisatawan seperti Dongmyo bisa kamu jadikan alternatif untuk dapetin makanan lebih murah.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *